Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Kucing ialah piaraan benar-benar menggemaskan dan lucu. Kita kerap tertarik dalam jaga kucing karena mereka menyaksikan lemak badan mereka atau bulu-bulu mereka yang cantik. Ini akan membahagiakan bila bulu-bulu kucing hewan piaraan kita demikian tebal yang badannya terlihat makin membahagiakan dan lemak.

Bulu-bulu ialah satu perihal yang penting pada kucing. Selainnya membuat kucing kelihatan lebih cantik, bulu-bulu tebal dapat menolong menghangatkan badan kucing. Sayang, untuk satu argumen atau yang lain, kucing rambut gampang untuk jatuh dan membuat kurang memikat. Tidak karena hanya kurang memikat, rambut kucing yang rontok cukup mengusik karena melekat pada baju, bangku, karpet dan beberapa hal lainnya.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Berikut ada cara-cara menangani bulu-bulu kucing rontok, terdiri dari:

  • Ketahui pemicunya

Langkah awal dalam menyembuhkan kerontokan rambut kucing ialah mengenali penyebabnya. Dengan mengenal pemicunya, Anda bisa ambil perawatan yang pas untuk menyembuhkan kerontokan pada kucing. Berikut ialah beberapa pemicu yang kerap mengakibatkan rambut rontok kucing:

  1. Rambut kucing rontok untuk gantikan bulu-bulu baru.
  2. Nutrisi kurang.
  3. Kucing kekurangan vitamin.
  4. Kucing tidak pas lewat produk mandi.
  5. Alergi.
  6. Kucing mempunyai kutu, jamur, atau tungau.
  7. Mengakibatkan, kucing konsumsi beberapa obat tertentu.
  8. Kucing itu stres.

Sesudah tentukan seperti apakah rambut kucing Anda, Anda dapat cari langkah untuk menghindar atau minimal meminimalisir hubungan kucing Anda dengan pemicu ini.

  • Perlakukan perawatan seperti umumnya

Bila kucing Anda rontok karena transisi pergantian rambut, yang dapat Anda kerjakan hanya menjaganya seperti biasa. Seperti kulit manusia, yang diregenerasi berkali-kali, bulu-bulu kucing harus ditukar. Karena itu Anda tak perlu cemas kucing Anda jadi botak. Menjaga ia seperti umumnya dan saat transisi usai sudah bulu-bulunya tidak rontok lagi.

  • Jauhi depresi pada kucing

Seperti orang yang umumnya alami kerontokan rambut, kucing juga. Jauhi kucing Anda dari stres. Undang ia untuk bermain, memanjakannya dan memberikannya makanan favoritnya. Yakinkan jika lingkungannya ramah untuknya dan membahagiakan. Tidak boleh terganggu oleh kucing tetangga yang nakal atau binatang yang lain membuat takut.

  • Beri gizi yang cukup

Yakinkan kucing piaraan Anda mendapatkan cukup makanan. Perkembangan dan kemampuan bulu-bulu kucing dikuasai oleh diet makanan yang diterima dari kucing. Untuk penuhi keperluan gizinya, beri ia makanan sebanyak-banyaknya supaya beragam gizi dari makanan dapat masuk ke badannya. Anda bisa juga menambah susu kucing khusus untuk memberi gizi pada badan.

  • Tukar makanan

Rambut kucing kecintaan Anda kemungkinan rontok karena tidak cocok dengan makanan yang dimakannya. Oleh karenanya, coba tukar makanan yang dikasih ke kucing. Memang, lakukan ini cukup susah karena Anda harus coba tipe makanan pada gilirannya dan extra berhati-hati untuk menyaksikan dampak yang ada pada bulu-bulu kucing.

  • Coba ganti shamponya

Kerontokan rambut kucing kemungkinan disebabkan karena perbedaan dengan sabun atau shampo pencuci yang dipakai untuk mandi. Pencuci yang dipakai kemungkinan terlampau susah untuk kucing piaraan Anda untuk biarkan rambut rontok. Bila ini pemicunya, Anda bisa coba menukar sabun pembersih. Mencari sabun yang lain lebih halus dan pas untuk kucing piaraan Anda.

  • Beri vitamin kucing

Anda bisa juga menambah vitamin ke kucing. Anda bisa membeli di toko hewan piaraan atau di klinik hewan. Tetapi, tidak boleh terlalu berlebih saat memberikan vitamin kucing Anda. Beri vitamin dalam batasan lumrah hingga tidak ada efek yang lain tidak diharapkan.

  • Mandi kucing dengan teratur

Ingat kebersihan ialah sisi dari kepercayaan. Ini berlaku bila Anda memiara hewan piaraan seperti kucing. Menjaga kebersihan kucing Anda karena banyak kotoran yang melekat di kulit kucing dan mengakibatkan rambut rontok. Kutu, tungau, dan jamur bisa serang kucing Anda, terlebih bila kucing Anda tidak mandi dan kotor. Karenanya, yang terbaik ialah memandikan kucing Anda secara teratur.

  • Pakai pengering rambut sesudah memandikan kucing

Kulit yang tidak jadi kering sesudah mandi membuat kulit kucing lembab dan biarkan jamur tumbuh dengan mudah. Ini sudah pasti bisa mengusik perkembangan rambut kucing, yang mengakibatkan rambut rontok. Karenanya, Anda harus keringkan rambut kucing selekasnya sesudah mandi. Yakinkan temperatur pengering rambut yang Anda pakai tidak begitu tinggi, karenanya akan berpengaruh negatif pada kesehatan kucing Anda. Bila Anda tidak mempunyai pengering rambut, Anda bisa juga mengeringkannya dengan kipas angina.

  • Sisir bulu-bulu kucing

Menyisir rambut kucing menjadi sedikit susah dan menyebalkan bila bulu-bulunya rontok. Saat Anda menyisir bulu-bulu, rambut rontok dan melekat ke semua permukaan rumah. Terang, menyisir rambut kucing bisa mempunyai imbas positif, terhitung:

  1. Kencangkan metabolisme kucing, karena menyisir dapat melakukan tindakan seperti pijatan untuk kucing, membuat bulu-bulu kucing lebih kuat.
  2. Bisa hilangkan kutu atau tungau yang melekat di kulit kucing saat disisir dengan segi khusus.
  3. Kucing berasa suka karena mereka berpikir Anda memanjakan.
  4. Janganlah lupa untuk menyisir kucing Anda ini hari!
  • Beri obat untuk rambut rontok

Disamping itu, Anda dapat coba menangani kerontokan rambut kucing dengan menarget penyembuhan kerontokan rambut kucing. Anda dapat memperoleh obat ini dari Petshop. Yakinkan Anda ikuti panduan pemakaian hingga Anda bisa memberi obat dalam jumlah yang betul.

  • Jauhi makanan yang memacu alergi

Rambut rontok pada kucing bisa juga disebabkan karena reaksi alergi pada zat tertentu. Coba lihat zat apa yang bersinggungan dengan kucing Anda dan mengakibatkan rambut rontok. Zat ini dapat datang dari makanan, minuman atau vitamin yang dimakan.

  • Check kesehatan kucing

Apa Anda benar-benar cemas mengenai kehilangan bulu-bulu kucing Anda? Dalam masalah ini, Anda kemungkinan bisa mengecek kesehatan kucing Anda di dokter hewan. Bisa saja rambut rontok yang terjadi pada kucing kecintaan Anda dan disebabkan karena penyakit tertentu yang terjadi pada kucing kecintaan Anda.

  • Berobat ke dokter

Bila kucing Anda betul-betul minum obat tertentu, tanyakan sama dokter hewan. Obat bisa mengakibatkan reaksi tertentu dalam tubuh kucing yang mengakibatkan rambut rontok.

  • Menjaga temperatur udara dingin

Peranan penting bulu-bulu kucing ialah penataan temperatur badan. Bulu-bulu jadi lebih kuat serta lebih padat saat temperatur dingin dan kebalikannya saat temperatur panas. Supaya rambut kucing Anda tidak rontok, menjaga temperatur ruang supaya kucing masih tetap dingin.

Sekian Penjelasan Materi dari MyPrivateTutor.id Pada Hari in tentang “15 Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Secara Alami“. Selamat Mencoba dan Bersenang-Senang.

Rate this post