Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Kucing Demam

Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Kucing Demam – Ada dua pemicu kenaikan temperatur tubuh pada kucing, pyrexia dan hipertermia (salah satunya pemicu hipertermia ialah gempuran panas).

Temperatur tubuh ditata oleh bidang otak yang diberi nama hipotalamus. Hipotalamus di di otak berperanan yang disebut termostat (pengontrol temperatur tubuh) dalam tubuh. Demam berjalan ketika tubuh rasakan ada kehadiran pirogen. Pirogen yaitu molekul imut yang berperanan dalam produksi zat yang berperanan dalam kenaikan temperatur tubuh.

Pirogen biasanya ada karena hal external karena itu menggairahkan produksi pirogen dalam tubuh. Pirogen memberitahukan hipotalamus untuk tingkatkan tingkat batasan temperatur tubuh karena itu berjalan demam.

Ciri-Ciri Kucing Demam

Berikut ada beberapa tanda kucing deman, yakni seperti berikut:

Ciri-Ciri Kucing Demam

  • Temperatur Tubuh Kucing Panas

Kucing dan manusia pisah tidak ada di mana temperatur tubuh manusia dan kucing tidak jauh bezanya. Bila anda demam, temperatur tubuh anda akan bertambah panas, kan? Demikianlah dengan temperatur tubuh kucing. Bila anda menggenggam kucing dan berasa panas di tubuhnya, ini memiliki makna kucing anda sedang sakit demam. Bila tidak jelas, anda bisa pakai termometer untuk mengecek temperatur tubuh kucing anda.

  • Kucing Selalu Tidur dan Sentiasa dalam Keadaan Pasif

Anda bisa bezakan aktiviti kucing anda dari hyper aktif hinggalah berganti ke pasif. Ya, ini peralihan sikap yang bisa disaksikan secara mudah di mana kucing anda hyper aktif dan secara mendadak kurang aktif dan selalu tidur. Ini adalah simptom kucing anda demam.

  • Kucing Diare

Ini ialah berbahagian yang paling anda awasi dan penting kerana bila mekanisme pencernaan pada kucing yang tidak ada memiliki masalah, najisnya ialah terlihat cukup keras. Anda bisa bezakan sendiri najis kucing yang memiliki masalah dan sichat. Ini ialah karena anda selalu tukar makanan kerana mekanisme pencernaan kucing anda belum beradaptasi dengan makanan yang baru. Mekanisme pencernaan kucing anda telah terbiasa dengan makanan yang dikasih tiap hari. Jadi simptom demam ini berpunca dari cirit-birit, muntah- najis berdarah dan muntah. cepatlah membawa ke doktor haiwan bersisihan untuk saran seterusnya dan rawatan.

  • Gairah Makan Kucing Menyusut

Jika sebelumnya kucing anda sentiasa bernafsu makan dengan makanan yang dikasih, namun berbeda dan gairah untuk makan telah berkurangan. Anda bisa saksikan sendiri makanan yang dikasih langsung tidak dimakan. Jadi ini adalah simptom kucing anda demam kerana selera makan kucing berkurangan dan sesetengah kucing yang alami demam tidak mahu untuk makan meskipun diberi makanan kesukaannya.

  • Mulut Kucing Bau

Kucing yang sakit demam membikinkan mulutnya bau kerana panas dan temperatur dalam tubuhnya. Kucing anda cuman ingin minum sahaja kerana di mulut kucing itu kering, karena itu terang napasnya akan berbau.

  • Bulu-bulu Kucing Luruh

Terang sekali bila ada keguguran pada bulu-bulu kucing yang paling ketara karena hormon atau persekitaran seperti ingin mengawan, terserang cendawan, makanan tidak sesuai dengan dan temperatur bedeng disekitaran kucing terlampau panas. Kucing yang kurangnya vitamin akan mengakibatkan keguguran bulu-bulu sehinggalah bisa terserang demam.

  • Telinga, Hidung, Mata dan Mulut Keluarkan Cairan Kotoran yang bau

Bila dijumpai kucing anda demam, berbahagian khusus seperti hidung, mata telinga, mulut akan hadapi permasalahan seperti selsema (flu), mata merah (eyes pink), cairan kotoran dalam telinga hingga mengakibatkan berbau yang kurang membahagiakan ialah punca kucing anda terserang demam.

  • Kucing Muntah

Secara biasanya bila sesetengah dibanding anda yang terserang demam, akan muntah. Begitupun dengan hewan piaraan anda. Kucing akan muntah bila di temui demam. Muntah bisa terang terlihat sesudah apa yang dimakannya.

  • Kerap Minum (Haus)

Saat demam, kerongkongan kucing akan mudah kering hingga kucingmu akan kerap rasakan dehidrasi. Keadaan itu membuat kucing kamu akan cepat haus, hingga ia akan sering minum. Meskepin demikian kerongkongannya akan kembali haus dengan cepat. Jika kucingmu minum dengan sering bahkan juga lebih dari umumnya, karena itu masalah itu menjadi tanda powerful jika kucingmu rasakan demam atau dehidrasi.

Oleh karenanya, jikamana kucingmu makin sering minum, tapi gairah makan menyusut, berat tubuh turun atau peristiwa yang lain terjadi, selekasnya kontrol kucingmu ke dokter fauna paling dekat agar tidak makin parah. Jika kucingmu rupanya tidak demam, besar dapat sehingga ia rasakan dehidrasi yang cukup kronis hingga membutuhkan pengatasan yang serius.

  • Berat Tubuh Turun

Anda bisa bisa rasakan sendiri dibahagian atas tubuh kucing dijumpai berasa tulang belakang dan kekurangan zat makanan kerana gairah makannya telah berkurang. Kesannya kucing anda kurang mendapatkan zat dari makanan yang dimakannnya. Sekalian mekanisme imunisasinya bisa menjadi kurang kuat membikinkan berat tubuh kucing anda jadi turun dengan drastik.

  • Lebam Di Sekitaran Badannya Karena Pergaduhan

Umumnya lebam disekitaran badan tubuh kucing akibatnya karena pergaduhan yang besar tapi simptom ini jarang-jarang benar-benar di jumpai, cuman dijumpai bila dijumpai ada berbahagian badan kucing memiliki bernanah dan lebam. Kucing anda akan merasakan kesakitan bila di sentuh di berbahagian lebam itu. Ini bisa mengakibatkan kucing anda gampang terserang dengan demam. Bawa selekasnya bertemu dengan doktor veterinar untuk saran seterusnya dan rawatan.

  • Hidung Berair

Rutinitasya, bila anda terserang demam, secara automatiknya hidung akan berair seperti seolah-olah terserang selsema (flu). Begitupun dengan kucing anda, dijumpai hidungnya akan berair keluarkan cecair putih atau hingus. Anda akan temui kucing akan bersin dan sentiasa akan menjilat di berbahagian hidungnya. Untuk kucing yang normal dan sichat, dibahagian hidung kucing akan terlihat merah kepink-an, tidak berair dan panas.

  • Tidak Aktif seperti Biasa

Kucing yang rasakan demam akan ingin diam atau pasif. Kucing tidak akan bergerak aktif atau gesit seperti biasanya. Sekalinya diberikan mainan yang asyik kucing tidak akan tertarik buat turut bermain dengan anda. Jika itu terjadi pada kucing anda, pantas dicurigai jika bisa jadi kucing kamu sedang rasakan tidak nikmat tubuh.

Penyakit seperti demam, satu diantaranya jadi pemicu kucing kamu jadi lebih pasif. Selekasnya kontrol kucing kamu jika ia pasif cukup lama. Jika ia tidak terkena demam, bisa jadi ada permasalahan berbeda dalam badannya yang perlu selekasnya sembuh supaya kucing kamu kembali aktif dan gesit dan cerah sepreti biasanya.

  • Kerap Muntah-Muntah

Demam akan mengusik mekanisme pencernaan kucingmu. Efeknya kucingmu akan seringkali muntah-muntah karena kesusahan mengolah makanan yang masuk ke badannya. Bila kucingmu mendadak muntah, walau makanan yang kamu beri kepadanya seperti umumnya, pantas diduga kucingmu mengalami sakit demam. Jika ini terjadi dan dengan tanda-tanda lainnya, selekasnya kontrol kucingmu ke dokter hewan paling dekat. Kemungkinan besar kucingmu sedang terserang sakit demam, atau bila tidak begitu, penyakit yang lain yang pasti harus selekasnya sembuh agar tidak makin parah.

  • Kerap Tidur

Ciri-ciri kucing sakit demam salah satunya ini adalah peralihan perilaku yang biasa kelihatan secara mudah, bagaimana kucing kita yang biasanya berlari-lari, saat itu juga kerap tidur secara terus-menerus. Ciri-ciri kucing demam ini bisa menjadi pertanda kucing yang terkena demam.

Cara Mengatasi Kucing Demam

Berikut ada cara-cara menangani kucing demam, yakni seperti berikut:

Cara Mengatasi Kucing Demam

  1. Beri Air Putih

Badan kucing yang demam langsung temperatur badan kucing akan meningkat. Demam akan membuat badan kucing akan memerlukan air semakin banyak dan bisa membuat kucing Anda alami dehidrasi. Nach, untuk menahan dehidrasi saat kucing Anda demam, karena itu Anda perlu memberi air minum yang cukup khususnya air putih.

  1. Usaha Mendinginkan Badan Kucing

Langkah alami yang ke-2 yaitu dengan usaha mendinginkan badan kucing. Mendinginkan badan kucing akan menolong turunkan temperatur badan kucing Anda. Triknya benar-benar gampang, Anda perlu bawa ke beberapa tempat sejuk atau mungkin dengan menempatkan kipas angin ke badan kucing. Dengan demikian, kucing Anda akan berasa lebih dingin dari demamnya.

  1. Beri Suplemen dan Vitamin

Kucing demam pasti membuat kucing Anda akan berasa lemas dan sedikit makan karena kurang sehat. Nach sebagai catlovers, Anda bisa memberi suplemen energi dan vitamin B untuk menambahkan tenaga dan selera makan sang kucing. Sumplemen energi dan vitamin B yang diberi akan membuat kucing Anda pun mendapatkan tambahan gizi yang baik dan jarang-jarang ada pada makanan kucing umumnya.

  1. Beri Obat Anti-demam

Jika langkah alami dirasakan kurang, Anda bisa memberi beberapa obat demam yang aman untuk kucing Anda salah satunya Tolfenamic acid dan Meloxicam. Teolfenomic acid salah satunya obat penurun demam kucing yang paling aman untuk kucing kecintaan Anda. Bagimana dengan jumlahnya?

Jumlah disamakan keadaan kucing Anda, jumlah Tolfenamic acid umum 1 tablet untuk 3-5 hari. Jika sang kucing mempunyai berat 1,5 kg, Anda bisa memberi 1 tablet sehari-harinya dan kucing dengan berat 4-5 kg bisa diberi 3 tablet sehari.

Bila obat Meloxicam ini sama seperti denga Tolfenamic acid. Tetapi, jumlah untuk kucing Anda cuman 0,5 mg/ml Meloxicam diberi sesudah makan. Pemberian Meloxicam jangan saat sang kucing kekurangan cairan. Ini bisa mengakibatkan kucing kecintaan Anda rasakan tidak berhasil ginjal karena kurang cairan hingga peranan ginjal menurun dan saluran darah ke ginjal kurang.

  1. Membawa Ke Dokter Hewan

Bila kucing anda tidak juga pulih sesudah dicoba cara-cara, langkah paling akhir harus bawa kucing anda ke dokter hewan. Dengan dibawa ke dokter hewan, kucing anda akan memperoleh perawatan lebih baik.

Sekian Penjelasan Materi dari MyPrivateTutor.id Pada Hari in tentang “15 Ciri-Ciri Kucing Demam dan 5 Cara Mengatasinya Lengkap“. Selamat Mencoba dan Bersenang-Senang.

Rate this post