Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing – kucing menjadi salah satu binatang peliharaan yang mudah ditemui karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan.

Binatang ini biasa menjadi peliharaan rumahan dan saat ini sudah menjadi binatang yang lazim ditemui di banyak tempat. Pakan kucing salah satunya adalah kuning telur, apa sebenarnya manfaat kuning telur untuk kucing?

Umumnya, kucing yang telah dipelihara akan diberikan dua jenis pakan berbeda yakni pakan basah dan juga pakan kering. Pakan kering mudah ditemui di banyak sekali petshop sedangkan pakan basah berupa daging hewan.

Beberapa pemilik kucing kurang memperhatikan pakan yang diberikan padahal ini bisa mempengaruhi bulu dan kesehatannya.

Pemberian Kuning Telur Untuk Kucing

Pemberian Kuning Telur Untuk Kucing
Pemberian Kuning Telur Untuk Kucing

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan bagus untuk dikonsumsi oleh manusia atau hewan. Kucing sendiri sebaiknya diberi pakan kuning telur ketika sudah beranjak dewasa karena bagian putihnya bisa menghambat pertumbuhan.

Putih telur mengandung senyawa Avidin yang pada dasarnya adalah Glikoprotein dengan sifat asli mengikat biotin. Biotin sendiri adalah pembentuk vitamin B sehingga ketika ada Avidin, kucing berpotensi kekurangan vitamin B. Anak kucing membutuhkan banyak vitamin B dalam pertumbuhannya.

Sel indera penciuman pada kucing lebih banyak jika dibandingkan dengan indra pengecap atau perasanya yang kurang sensitif.

Enak atau tidaknya sebuah makanan bagi kucing lebih ditentukan dari bau daripada rasanya. Karena itu kucing lebih menyukai kuning telur dalam keadaan yang mentah karena baunya yang lebih tajam daripada matang.

Kuning telur seringkali diberikan dalam kondisi mentah karena memang dari segi aroma, telur mentah lebih menyengat. Faktanya, kandungan protein di dalam kuning telur mentah sangatlah rendah, ada di kisaran 51% saja. Kandungan protein ini akan meningkat ketika sudah matang menjadi sekitar 91% dari beratnya.

Di beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kuning telur lebih rentan mengalami infeksi bakteri. Ketika sudah matang, bakteri yang terkandung akan mati karena panas saat memasak, jadi pertimbangkan mana yang akan diberikan.

Kandungan Kuning Telur

Kandungan Kuning Telur

Manfaat yang dimiliki oleh kuning telur tidak pernah terlepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki kuning telur. Selain protein, kuning telur memiliki kandungan vitamin B12, Vitamin D, dan juga zat besi yang diperlukan tubuh. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Vitamin B12 bisa merangsang pembentukan pembentukan sel darah merah sehingga kucing bisa menjadi lebih aktif. B12 juga berperan dalam pencegahan kucing mengalami anemia akibat kekurangan darah merah. Pembentukan jaringan yang rusak juga bisa menjadi lebih cepat karena vitamin B12 menjadi nutrisi yang diperlukan.

Zat besi sendiri berfungsi untuk pengangkutan oksigen ke jaringan sehingga seluruh jaringan bisa menerima oksigen.

Selain itu, zat besi bisa membantu merangsang pembentukan sistem kekebalan tubuh supaya kucing tidak mudah terserang penyakit. Pembentukan energi di dalam sel juga memerlukan zat besi utamanya untuk pengangkutan elektronnya.

Vitamin D memiliki peran penting dalam pengaturan kadar kalsium dan fosfor yang tersebar di dalam darah. Kandungan kalsium dan fosfor nantinya akan memiliki peran untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Melihat manfaat kuning telur untuk kucing, tak heran bahan makanan ini pun sering diberikan untuk kucing.

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Pemberian kuning telur untuk kucing bukannya tanpa alasan, ada kandungan-kandungan kuning telur yang baik untuk kucing.

Pemahaman akan manfaat sebuah bahan makanan sangatlah penting supaya kucing bisa sehat, tidak hanya dinilai dari lahap tidaknya. Ini beberapa manfaat kuning telur untuk kucing yang perlu dipahami:

1. Membuat Badan Kucing Gemuk

Kucing akan tampak lebih lucu dan menggemaskan ketika tubuhnya lebih gemuk hingga terlihat menggembung. Penampilan kucing dengan lemak yang terlihat penuh akan membuat pemilik merasa gemas pada kucingnya. Pemberian kuning telur ini bisa menambah berat badan dan membuat kucing lebih gemuk pada saat diberikan.

Kuning telur bisa memberikan protein yang cukup banyak dan protein sendiri diperlukan untuk energi kucing. Ketika diberikan protein yang melimpah, kucing akan secara otomatis menyimpan cadangan protein dalam bentuk lemak sehingga menjadi lebih gemuk.

2. Bulu yang Lebih Cantik

Selayaknya mahkota, bulu pada kucing menjadi daya tarik tersendiri terutama ketika bulu tampak terawat dan bersih. Bulu yang rusak, kering, dan rontok adalah masalah yang umum diderita oleh kucing apalagi ketika nutrisinya tidak benar.

Pemberian kuning telur dipercaya dapat memperkuat akar dari bulu kucing sehingga tidak lagi rontok. Kuning telur juga bisa membuat bulu kucing tampak lebih indah, pemberian secara rutin sebanyak 3 kali seminggu. Cobalah untuk memberikan kuning telur ayam kampung, bukan jenis ayam petelur pada umumnya.

3. Meningkatkan Daya Tahan dan Stamina Kucing

Daya tahan tubuh kucing merupakan salah satu hal yang paling penting supaya kucing tidak menjadi lebih sering sakit. Kucing yang aktif menjadi lebih menarik karena kucing akan lebih senang diajak bermain daripada bermalas-malasan.

Kandungan zat besi bisa merangsang sistem imun kucing sehingga kucing memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Pemenuhan nutrisi kucing yang bisa tercukupi karena diberikan kuning telur juga menjadi alasan lebih baiknya stamina kucing.

4. Mempercepat Penyembuhan Kucing

Manusia sering menggunakan kuning telur sebagai obat yang berkhasiat mempercepat penyembuhan. Hal ini juga berlaku ketika diberikan pada kucing yang sakit dan menurun nafsu makannya.

Pemberian kuning telur bisa diberikan dengan mencampurkan madu dengan kuning telur kemudian berikan dengan cara disuapi. Lagi-lagi, pilihlah telur ayam kampung yang masih diberi pakan bahan-bahan alami bukan konsentrat.

5. Merangsang Pertumbuhan Bulu

Kucing yang sedang mengalami serangan kutu atau jamur biasanya perlu dicukur untuk mengobati penyakitnya. Ada juga kucing betina yang akan kehilangan bulu di sekitar bagian leher karena pada masa perkawinan digigit kucing jantan. Dua hal tersebut menyebabkan kucing mengalami botak pada beberapa bagian.

Kuning telur sendiri bisa membantu merangsang pertumbuhan bulu yang botak tersebut sehingga tumbuh lebih cepat. Hal ini terlihat dari beberapa pengalaman sebelumnya, kucing bisa menumbuhkan bulu lebih cepat daripada tidak diberi kuning telur.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Pada beberapa waktu, kucing biasanya akan mengalami fase dimana dia enggan untuk makan atau tidak nafsu. Pemberian kuning telur ini bisa menjaga asupan nutrisi yang diperlukan kucing terjaga dengan baik tanpa tambahan pakan lainnya.

Kuning telur juga bisa membuat kucing menjadi lebih sehat sehingga nafsu makan kucing akan kembali lagi. Kucing yang sakit cenderung memiliki penciuman yang lebih buruk dibandingkan pada saat sehat. Ketika metabolisme tubuh kucing sudah kembali normal, sistem penciuman juga akan berangsur kembali normal lagi.

Itulah dia beberapa manfaat kuning telur untuk kucing yang perlu dipahami sebelum diberikan pada kucing yang dipelihara. Jika ingin kucing bertumbuh dengan baik, berikan juga pakan lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan agar kesehatan kucing bisa terjaga

Sekian Penjelasan Materi dari MyPrivateTutor.id Pada Hari ini tentang “6 Manfaat Kuning Telur Untuk kucing“. Selamat Mencoba dan Bersenang-Senang

 

Rate this post